Persebaran Flora Dan Fauna

Persebaran Flora Dan Fauna

Seperti yang sudah kalian ketahui sendiri bahwa negara tercinta kita Indonesia sendiri memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, ntah itu kekayaan alam hewan, tumbuhan, hasil tambang maupun lainnya. maka dari itu kita harus selalu menjaga kekayaan alam di indonesia yang ada dengan baik.

Untuk cara menjaga kekayaan alam agar tetap terjaga dan terawat adalah dengan tidak membuang sampah secara sembarangan, tidak mengambil kekayaan alam secara berlebihan ataupun membuang bahan kimia ke lingkungan sekitar.

Untuk persebaran flora dan fauna di Indonesia sendiri sangatlah berbeda jenis di setiap wilayah Indonesia.Namun secara umum persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia sendiri dibedakan menjadi tiga wilayah.

Persebaran Flora Dan Fauna

Yang pertama adalah wilayah Indonesia barat yang disebut asiatis, untuk bagian tengah peralihan dan untuk bagian wilayah Indonesia timur sendiri adalah australias.

Nah maka dari itu untuk penjelasan kali ini saya akan menjelaskan tentang persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia. Yuk langsung saja simak penjelasan saya di bawah ini

Informasi yang kami buat ini tentunya telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan aktual, sehingga menghasilkan informasi yang berkualitas juga.

Persebaran Flora Dan Fauna

  1. Wilayah Indonesia barat (asiatis)

Untuk persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia sendiri yang pertama terdapat di daerah Indonesia wilayah barat yang disebut asiatis. Nah untuk wilayah indonesia barat sendiri meliputi seperti, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sumatera.

Nah untuk flora dan fauna yang terdapat di wilayah ini adalah seperti meranti merantian, mahoni, jamur, damar dan lainnya. Kenapa wilayah Indonesia barat di sebut asiatis karena letaknya yang berdekatan dengan wilayah asia dan juga tumbuhannya hampir menyerupai wilayah yang ada di asia.

Faunanya sendiri yang ada di wilayah asiatis sendiri seperti badak bercula, tapir, macan sumatera dan lainnya.

      2. Wilayah Indonesia timur (Australis)

Bagian wilayah Indonesia timur sendiri seperti daerah papua, Maluku, nusa tenggara timur tersebut memiliki flora dan fauna yang khas.

Untuk contoh flora nya sendiri yang terdapat di wilayah Indonesia timur adalah seperti pohon sagu, nipah dan pohon rasamala.

Sedangkan untuk faunanya sendiri terdapat cendrawasih dan kasuari maupun kanguru pohon.

      3. Wilayah Indonesia tengah (peralihan)

Wilayah Indonesia tengah sendiri tentunya juga sama dengan wilayah Indonesia barat dan timur, yaitu memiliki flora dan fauna yang khas dibandingkan dengan wilayah lainnya yang ada di Indonesia/

Misalnya flora di bagian peralihan ini terdapat pala, pohon cengkeh maupun anggrek, namun untuk faunanya sendiri terdapat seperti hewan komodo, anoa dan babi rusa.

Ketiga bagian wilayah indonesia ini dipisahkan oleh garis Wallace dan Weber.