Pengertian Motivasi dan Tujuannya

Apakah pembaca sekalian pernah mendengar istilah mengenai apa itu motivasi ? Nah kali ini saya akan membahas apa itu dan apa saja tujuan dari motivasi itu yang mana akan di bahas secara singkat dan mudah untuk dimengerti. Yuk simak pembahasannya.

 

Pengertian Motivasi

Pengertian dari motivasi sendiri ayti suatu proses dalam psikologi berupa dorongan yang berguna untuk memuncul dalam diri seseorang secara sadar agar dia bisa melakukan suatu perbuatan dalam tujuan tertentu.

Kata motivasi sendiri berasal dari kata Movere berarti dorong yang  mana dalam bahasa Inggris disebut dengan“to move”. Michael J. Jucius berpendapat bahwa motivasi yaitu suatu aktivitas untuk memberikan dorongan terhadap seseorang atau diri sendiri dalam melakukan tindakan yang ia inginkan. Menurut pendapat dari Dadi Permadi, ia menjelaskan bahwa motivasi merupakan suatu dorongan dari dalam agar ia mau berbuat sesuatu, baik yang positif atau yang negatif.

Motivasi sendiri bisa usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang maupun kelompok orang menjadi bergerak dalam melakukan sesuatu sebab ingin mencapai tujuan yang ia hendaki atau mendapatkan kepuasan dengan perbuatannya.

Motivasi sendiri mempunyai peran yang sangat strategis dalam kegiatan belajar seseorang. Tak ada orang yang belajar tanpa motivasi, sebab apabila tidak ada motivasi artinya ia tidak ada aktivitas belajar.

Agar peranan motivasi menjadi lebih maksimal, maka dipakailah prinsip-prinsip motivasi dalam belajar agar dapat diterangkan pada suatu aktivitas sehari-hari.

Auto Draft

Tujuan Motivasi

Motivasi terhadap seseorang juga dapat dipengaruhi dari stimuli yang ada pada diri seseorang itu sendiri, serta stimulus dari luar yang bisa mempengaruhi motivasi tersebut. Menurut pendapat dari Hasibuan, ia menyatakan tujuan dari motivasi diantaranya yaitu:

  • Sebagai pendorong dalam semangat kerja atau gairah kepada bawahannya.
  • Untuk meningkatkan moral dan juga kepuasan untuk bekerja
  • Produktivitas kerja akan lebih meningkat
  • Loyalitas serta kestabilan dari karyawan perusahaan bisa untuk dipertahankan
  • Tingkat dari disiplin akan menjadi lebih tinggi dan juga akan menurunkan tingkat absensi karyawan
  • Dapat menciptakan suasana serta hubungan kerja menjadi lebih baik

 

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai pengertian motivasi yang sudah di jelaskan di atas.

Sumber : https://www.studinews.co.id/