Peluang Usaha Kerajinan Batok Kelapa dengan Untung Luar Biasa

Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tips dan peluang usaha kerajinan batok kelapa dengan untung luar biasa. Yuk simak beberapa poin-poin dibawah.

1. Pembuatan Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Banyak kisah sukses yang berasal dari pengusaha-pengusaha kecil yang berhasil mendapat rupiah berkat keterampilannya dalam mengolah batok kelapa menjadi produk kerajinan yang mempunyai nilai estetika yang tinggi. Bahkan beberapa diantara mereka ada yang berhasil menembus pasar luar negeri. 

Modal utamanya hanyalah keterampilan dan jiwa seni. Dengan memakai mesin pengupas batok kelapa dan penghalus kayu, lem kayu serta cat pelapis kayu, mereka dapat menyulap limbah tempurung kelapa menjadi sebuah barang kerajinan yang cantik, seperti tas, dompet, kancing baju, keranjang buah, dan juga cangkir.

Peluang Usaha Kerajinan Batok Kelapa dengan Untung Luar Biasa

2. Usaha Pembuatan Campuran Obat Nyamuk

Pernahkah kalian melihat obat nyamuk berbentuk lingkaran? Ternyata dalam pembuatan produk tersebut salah satu dari bahannya tidak lain adalah batok kelapa, loh. Tapi yang digunakan bukan hanya sekedar batok kelapa tetapi batok kepala yang sudah diolah dan diproses menjadi tepung. 

Nantinya tepung batok kelapa akan berfungsi untuk memperlambat laju pembakaran obat nyamuk. Nah dalam memulai usaha ini kamu juga perlu untuk bisa bekerja sama dengan pabrik atau toko yang memproduksi obat nyamuk. Dari sana kalian bisa melihat proses pembuatannya dan kalian bisa sekaligus belajar.

 

Strategi Pemasaran Usaha Kerajinan Batok Kelapa

Melihat dari keunikan aneka perabot rumah tangga yang terbuat dari batok kelapa, banyak konsumen-konsumen individu maupun pelaku industri yang tertarik dan ingin mencoba memakai perabot tersebut untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. 

Karenanya untuk dapat mengoptimalkan laju pemasaran dari produk perabot rumah tangga dari limbah batok kelapa, kalian bisa menargetkan para ibu-ibu atau menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha cinderamata pernikahan, menitipkannya di berbagai toko oleh-oleh, atau juga bisa menjalin kerjasama dengan pemilik sebuah restoran maupun warung makan yang memerlukan keperluan perabot rumah tangga untuk membuat makanan serta menghidangkan aneka olahan makanan yang telah dipesan konsumen. 

Setelah pemasaran offline sudah mulai berjalan, kalian juga dapat memaksimalkan peran internet dan sosial media untuk memperlebar jangkauan pemasaran. Manfaatkan aplikasi sosial media seperti  facebook, twitter, blogspot, membuat website online shopping, aktif di forum-forum jual beli online, dan mengoptimalkan fasilitas direktori tiap produk, untuk memperluas daerah jangkauan promosi dan mendatangkan omset penjualan yang tinggi setiap bulannya.

 

Kelebihan Usaha dengan Modal Batok Kelapa

Melimpahnya limbah batok kelapa di berbagai tempat, ternyata dapat memudahkan para pelaku usaha dalam mendapatkan bahan baku utama dalam proses pembuatan kerajinan perabot rumah tangga dari batok kelapa. 

Selain itu, serat dari batok kelapa yang terlihat jelas pada perabot rumah tangga batok kelapa dapat memberikan tambahan unsur seni bagi produk itu sendiri. Bahkan tidak hanya bisa menambah keunikan produk itu sendiri, namun juga bisa menjadikan produk perabot rumah tangga yang terbuat dari batok kelapa mempunyai nilai jual yang cukup tinggi di pasaran.

 

Kunci Sukses Usaha Batok Kelapa

Untuk menjalankan atau melakukan usaha perabot rumah tangga berbahan dasar batok kelapa, sebaiknya pilihlah produk-produk yang berkualitas dan juga menggunakan bahan baku yang aman dan juga nyaman dalam dikenakan setiap harinya dalam proses pembuatan produk.  Hal ini sangat penting, karena sebagian besar dari perabot tersebut pasti akan bersentuhan langsung dengan berbagai makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Jadi, selain menawarkan beragam peralatan rumah tangga yang berdesain unik, Anda juga wajib memperhatikan faktor keamanan dan juga kenyamanan produk bagi para penggunanya.

Setelah itu, uang yang didapat dari hasil penjualan berbagai produk yang kalian buat. Sebaiknya diinvestasikan atau disimpan ke dalam brankas untuk berjaga-jaga apabila usaha kalian mendapat masalah yang mendadak.

Itulah pembahasan kali ini mengenai tips dan peluang usaha dengan untung yang luar biasa. Sampai jumpa di artikle saya yang selanjutnya.