Panduan Cara Pindah Rumah Bebas Bid’ah yang Harus Diketahui

Panduan Cara Pindah Rumah Bebas Bid’ah yang Harus Diketahui

Tahukah Anda apa itu bid’ah? Singkatnya, pengertian bid’ah adalah perbuatan yang memiliki tujuan untuk menandingi syariat. Penting untuk diketahui oleh semua muslim, bahwa setiap bid’ah adalah sesat. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami infokan kepada Anda tentang cara pindah rumah bebas bid’ah. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Panduan Cara Pindah Rumah Bebas Bid’ah yang Harus Diketahui

Panduan Cara Pindah Rumah Bebas Bid’ah yang Harus Diketahui

Bersyukur Kepada Tuhan YME

Cara pindah rumah bebas bid’ah yang pertama adalah bersyukur kepada Tuhan YME, sebab masih diberi nikmat yang luar biasa. Apalagi jika Anda akan berpindah ke rumah dengan lokasi dan kondisi yang jauh lebih baik. Maka rasa syukur akan menjadi perbuatan yang sangat mulia sekali. Dengan rasa syukur inilah, diharapkan agar kehidupan di rumah baru akan selalu diberkahi dan rezeki pun akan semakin berlimpah.

Mengucapkan Bissmillah dan Salam

Pastinya mengucapkan Bissmillah dan salam menjadi abad yang baik saat masuk maupun keluar rumah. Namun juga perlu untuk diperhatikan bahwa hal ini bukan ritual khusus berpindah rumah menurut Islam. Tetapi alangkah baiknya jika Anda dan keluarga untuk tetap membiasakan mengucapkan Bissmillah dan salam di rumah baru yang akan ditinggali bersama.

Sholat 2 Rakaat

Selanjutnya adalah amalan berupa sholat 2 rakaat. Namun juga perlu untuk diperhatian bahwa sholat ini tidak khusus untuk berpindah rumah, melainkan dimaksudkan untuk dilakukan oleh setiap penghuni yang masuk dan keluar rumah. Sholat 2 rakaat bisa dilakukan dengan 1 niat dengan sholat rawatib atau sholat sunnah lainnya.

Baca juga Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

Syukuran

Berikutnya dalam tata cara berpindah rumah menurut Islam adalah mengadakan syukuran berupa acara makan – makan dengan tetangga sekitar. Niatkan acara tersebut sebagai ungkapan rasa syukur dan untuk menjalin silaturahmi dengan tetangga, serta berbagi kebahagiaan juga rezeki.

Menghindari Bid’ah Saat Masuk Rumah

Ada beberapa bid’ah yang wajib dihindari dalam memasuki rumah baru, seperti adzan di tiang rumah, baca surat – surat tertentu, baca dzikir tertentu, baca surat Al-Baqarah dengan tujuan yang tidak baik, dan mengadakan syukuran dengan niat untuk datangkan keselamatan.

Nah, itu dia panduan cara pindah rumah bebas bid’ah yang harus diketahui. Semoga informasinya bermanfaat.