Mengenal Lebih Jauh Tentang KBLI

Saat seseorang hendak membuka usaha maka ia akan dihadapkan pada klasifikasi bidang usaha yang dijalankan. Ini dibutuhkan untuk mengurus dokumen perizinan mendirikan usaha seperti nomor induk berusaha (NIB), tanda daftar perusahaan (TDP) dan surat izin usaha perdagangan (SIUP).

Dokumen seperti ini haruslah lengkap karena akan memberikan kemudahan apabila seseorang yang hendak mengikuti tender barang dan jasa. Salah satu hal yang diurus adalah klasifikasi bidang usaha atau KBLI yang merupakan singkatan dari Klasifikasi Buku Lapangan Usaha. Ini adalah sistem kategori bidang usaha yang akan memperjelas bidang keahlian perusahaan.

Mengenal Lebih Jauh Tentang KBLI

Banyak yang tidak menyadari bahwa KBLI memberikan kerangka kerja yang lengkap untuk dipakai dalam penyeragaman analisis data kegiatan ekonomi, perencanaan, evaluasi kegiatan ekonomi, dan pengolahan. KBLI dikeluarkan oleh BPS yang didasarkan pada ISIC yang disesuaikan dengan ACIC dan EAMS.

Fungsi KBLI

Semua data yang masuk nantinya akan dikumpulkan oleh BPS. Data ini akan bermanfaat untuk BPS atau untuk pelaku usaha. Berikut diantaranya:

  • Sebagai pertimbangan dalam kualifikasi perjanjian penanaman modal.
  • Landasan dalam menentukan bidang usaha pada TDP.
  • Landasan untuk menentukan bidang usaha pada SIUP.
  • Data KBLI dapat digunakan sebagai perbandingan antara data nasional dan negara lainnya.
  • KBLI digunakan oleh BPS untuk mengelompokan kegiatan ekonomi atau usaha dan mempelajari perilaku ekonomi secara makro.
  • KBLI penting untuk memberikan data informasi yang dipakai oleh BPS sebagai alat monitoring dan evaluasi dalam menyusun produk domestik bruto (PDB) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Tips memilih KBLI yang tepat

Luangkan waktu sejenak untuk memastikan KBLI yang tepat. Cek terlebih dahulu buku KBLI dari BPS. Namun kini anda dapat melakukannya dengan dengan mengakses fitur pencarian KBLI. Carilah kegiatan usaha yang anda jalankan atau dengan memasukan kode KBLI.

Jelaskan misi dan visi perusahaan sesuai apa yang diminta dalam KBLI. Hal ini perlu karena tidak hanya memberikan gambaran tentang usaha saat ini tetapi juga berkaitan dengan rencana pengembangan usaha.