Mengapa Pengendalian Kelahiran Itu Penting

Tanpa pengendalian kelahiran, jumlah kehamilan yang tidak diinginkan dan komplikasi kesehatan terkait akan meningkat secara drastis. Dengan memahami mengapa pengendalian kelahiran itu penting, Anda dapat yakin bahwa Anda merawat tubuh Anda sebaik mungkin.

 

Kemungkinan efek samping dan manfaat

Berbagai jenis alat kontrasepsi mungkin memiliki berbagai efek samping yang berbeda, tetapi semuanya aman untuk digunakan secara keseluruhan. Misalnya, beberapa orang yang menggunakan kontrasepsi hormonal mengalami mual atau sakit kepala, dan yang lain berat badan bertambah. Adapun manfaatnya, ada banyak yang perlu dipertimbangkan! Pertama-tama, seks aman sangat mudah dilakukan dengan alat kontrasepsi.

Auto Draft

Anda juga harus mempertimbangkan pilihan Anda dalam kontrasepsi jika pasangan Anda menderita PMS (Penyakit Menular Seksual). Dengan sebagian besar metode pengendalian kelahiran, orang terlindungi dari PMS. Namun, metode tertentu (seperti metode ritme) tidak.

Beberapa jenis alat kontrasepsi antara lain: pil, IUD, kondom dan masih banyak lagi. Jika Anda telah menggunakan dan menghentikan satu jenis kontrasepsi untuk beberapa waktu, mungkin sudah waktunya untuk berbicara dengan dokter Anda tentang pilihan lain yang mungkin bekerja lebih baik untuk Anda. Pastikan untuk memberi tahu dokter apa kekhawatiran Anda.

Pil adalah jenis kontrasepsi yang umum digunakan oleh wanita di seluruh dunia. Ini mengandung hormon sintetis yang menghentikan ovulasi, yang berarti tidak ada yang bisa dibuahi oleh sperma. Beberapa orang mungkin mengeluh tentang penambahan berat badan atau pendarahan tidak teratur sebagai efek samping, tetapi ini biasanya hilang setelah beberapa bulan. Pil ini sangat efektif jika Anda meminumnya setiap hari sesuai petunjuk.

Cincin adalah jenis kontrasepsi populer lainnya yang digunakan oleh wanita. Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan pil. Ada beberapa keluhan umum tentang cincin, seperti keputihan atau dorongan seks yang meningkat. Tapi ini biasanya hilang setelah seminggu atau lebih karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal. Seperti jenis kontrasepsi lainnya, penting untuk menggunakan cincin secara konsisten agar berfungsi dengan baik.

IUD adalah perangkat kecil yang ditanamkan ke dalam rahim Anda oleh seorang profesional medis. Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan pil karena mencegah sperma mencapai sel telur Anda. Banyak wanita lebih memilih IUD karena sangat efektif dan tidak merepotkan. Setelah IUD terpasang, Anda tidak perlu melakukan hal lain dan tidak perlu khawatir akan terjadi kehamilan. Efek samping bervariasi tergantung pada jenis IUD yang digunakan.

Pil mini adalah jenis kontrasepsi oral yang mencegah kehamilan dengan menghentikan tubuh melepaskan sel telur setiap bulan. Ini juga kadang-kadang dikenal sebagai "pil" karena perlu diminum setiap hari pada waktu yang sama agar bisa bekerja dengan efektif. Efek samping yang paling umum di antara wanita yang minum pil mini adalah mual, dan beberapa wanita mengalami kehilangan gairah sex.

Patch adalah bentuk kontrasepsi lain yang populer untuk wanita. Ini adalah perban perekat yang mengandung hormon yang sama yang ditemukan dalam kontrasepsi oral seperti pil, tetapi melepaskannya lebih lambat sepanjang hari daripada pil. Efek samping yang dialami wanita yang menggunakan patch ini mirip dengan yang terkait dengan mini pill.

Kontrasepsi penghalang

Kontrasepsi penghalang seperti kondom dipakai di sekitar penis untuk menjaga air mani keluar dari vagina. Mereka bekerja dengan mengumpulkan air mani sehingga sperma tidak bisa masuk ke rahim wanita.

Salah satu jenis kondom yang cukup banyak dipakai adalah kondom durex. Sama seperti kondom lain, harga kondom durex terbilang cukup murah. Itulah sebabnya metode dengan menggunakan kondom ini cukup digemari oleh kalangan umum.

Kondom telah digunakan selama berabad-abad dan tetap menjadi salah satu bentuk kontrasepsi paling populer di dunia saat ini. Anda tidak menyukai bagaimana sesuatu terasa atau meninggalkan bekas pada kulit Anda, cobalah merek atau gaya lain sampai Anda menemukan kondom yang Anda sukai. Mungkin perlu beberapa percobaan sebelum Anda menemukan apa yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Salah satu jenis kontrasepsi penghalang yang paling banyak digunakan adalah kondom pria. Kondom mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual dengan menutupi penis selama hubungan seksual.

 

Sumber : Apotik Online 24 Jam