Mengapa Kayu Jati Banyak Digunakan Orang Sebagai Furniture

Mengapa Kayu Jati Banyak Digunakan Orang Sebagai Furniture

Kayu jati adalah salah satu jenis kayu paling populer dari jenis kayu lainnya, kayu jati sendiri memiliki persebaran hampir di seluruh kepulauan indonesia, untuk itu sudah tidak asing lagi bagi yang mendengar kayu jati.

Mengapa Kayu Jati Banyak Digunakan Orang Sebagai Furniture

Untuk daerah tanam yang paling bagus untuk kayu jati adalah jenis tanah yang tandus dan berkerikil, ini membuat hasil dari kayu jati lebih keras serta lebih menguning berwarna coklat. Serta jenis tanah ini membuat kayu jati lebih tumbuh dengan baik dan sempurna.

Beberapa Alasan Kayu Jati Banyak Dipakai Sebagai Furniture :

  • Kayu Jati memiliki ketahanan terhadap cuaca.
  • Kayu Jati Sangat Awet Untuk produk furniture, Bisa Puluhan bahkan ratusan tahun awetnya.
  • Karakter kayu jenis ini tidak mudah pecah dan berubah bentuk.
  • Kayu yang mudah tumbuh dan hidup di berbagai wilayah.
  • Jenis kayu yang memiliki serat kayu halus.
  • Tidak banyak memiliki minyak kayu, sehingga mudah di finishing.
  • Tidak cepat dimakan rayap dan hama sejenisnya.
  • Bercorak bagus dan cantik dengan warna coklat tua
  • Tidak berbau serta memiliki berat yang sedang.
  • Karakter kayu yang bisa diwarna sesuai dengan keinginan.

Mengapa Kayu Jati Banyak Digunakan Orang Sebagai Furniture

Diatas adalah beberapa alasan kenapa kayu jati populer dan banyak digunakan sebagai produk furniture. Karena kayu jati bisa diukir dengan mudah walaupun kayunya keras, serta tidak mudah pecah walaupun diukir sedemikian rupa dengan berbagai motif ukiran dan corak desain.

Di industri furniture sendiri hampir 80% menggunakan bahan baku kayu jati, seperti Dewa Mebel pengrajin mebel asli jepara ini yang membuat kayu jati menjadi furniture dengan banyak model seperti klasik, minimalis, industrial, scandinavian dan juga retro.

Keunggulan lainnya adalah mudah di finishing sesuai dengan keinginan, hal inilah yang membuat mudah para pengrajin mebel, karena bisa memenuhi keinginan konsumennya untuk jenis warna finishing. Karena kebanyakan konsumen ingin memilih warna yang disukai sebagai pelengkap konsep dari interior rumahnya.

Terakhir, bila anda berminat untuk melengkapi perabot rumah, sebaiknya gunakan kayu jati, di samping keawetan yang luar bisa, anda juga bakal menghemat budget untuk biaya penggantian mebel di rumah anda, walaupun harga agak mahal namun bila dihitung dalam jangka lama, harganya pasti bakal sangat murah dibanding anda membeli produk dengan bahan baku triplek ataupun hpl.