Jenis-jenis Tanaman Singkong yang Sering Dijumpai

Singkong merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat populer di Indonesia. Singkong awalnya bukan asli Indonesia, namun singkong telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Bahkan ada daerah di Indonesia yang makanan pokok utamanya adalah singkong.

Karena rasanya yang manis dan asin, singkong cocok untuk diolah menjadi berbagai macam makanan, mulai dari sayur, snack hingga keripik. Pada umumnya daging singkong berwarna putih, namun berubah menjadi warna kuning ketika dimasak. Matangnya yang matang sedikit manis dengan tekstur yang lembut.

Jenis-jenis Tanaman Singkong yang Sering Dijumpai

Mengandung karbohidrat, varietas bawang merah ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Ada yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, mencegah kanker, mengobati sakit kepala, dan bermanfaat untuk kesehatan mata.

Terlepas dari popularitasnya, ada beberapa jenis singkong yang jarang diketahui orang. Berikut beberapa jenis singkong yang ditanam oleh petani Indonesia.

Jenis-jenis Tanaman Singkong

1. Singkong Mukibat

Nama “Mukibat” berasal dari petaninya yang bernama Mukibat. Ketika tahun 1903-1966, singkong ini dibudidayakan oleh Pak Mukibat yang berasal dari Ngadivuli, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Singkong Mukibat merupakan hasil perpaduan rimpang singkong dan getah singkong. Singkong ini berukuran 3-6 kali lebih besar dari singkong biasa. Rasa singkong mukibat cukup pahit dan terutama digunakan untuk produksi bioetanol karena kandungan patinya.

2. Singkong gajah

Disebut singkong gajah karena singkongnya sangat besar. Singkong dari Kalimantan Timur ditemukan oleh Profesor Ristono. Dia adalah profesor matematika Mulawarman Universitas. Singkong ini mempunyai banyak peminat petani karena panen singkong ini mempunyai hasil yang dengan jumlah banyak.

Singkong biasanya memiliki berat 5-8 kg, berbeda dengan singkong gajah yang beratnya bisa mencapai 50 kg. Singkong ini memiliki khasiat khusus, misalnya daun mudanya berwarna ungu kemerahan.

Jenis-jenis Tanaman Singkong yang Sering Dijumpai

3. Singkong Manggu

Manggu singkong merupakan singkong yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan biasa kita temukan di pasaran. Berasal dari Jawa Barat, singkong ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan, seperti:

Singkong manggu memiliki daging yang lembut karena banyak mengandung pati. Singkong merupakan tanaman yang paling mudah tumbuh, mudah dikupas, cepat menuai dan memiliki tekstur yang lembut.

Singkong mangga biasanya berdiameter 4-5 cm, dan hasil pohon maksimal 10 kg. Ditambah lagi, singkong sering dijadikan sebagai olahan keripik, jadi jika ingin membuat keripik yang praktis bisa menggunakan mesin keripik singkong dan mesin pemotong singkong.

4. Singkong emas

Namanya singkong emas, tapi singkong ini tidak berarti emas. Oleh karena itu diberi nama demikian karena singkong ini mempunyai hasil keuntungan yang luar biasa. Asal singkong ini dari Bengkulu dan merupakan hasil perpaduan singkong Thailand dan singkong karet lokal.

Dengan waktu panen yang singkat hanya 7 bulanan dengan luas 1 hektar, Singkong emas adalah tanaman yang bisa menghasilkan sampai ratusan ton singkong. Singkong ini biasanya digunakan untuk membuat tepung, bahan herbal, minyak pemanas, dan pakan ternak.

5. Singkong putih

Biasanya untuk membuat sup singkong atau kolak singkong, digunakan singkong putih sebagai bahan utama. Singkong ini memiliki warna daging putih, seperti namanya namun teksturnya tegas.

Oleh karena itu, jenis singkong yang satu ini lebih cocok untuk berbagai masakan yang dikukus atau direbus. Pada umumnya singkong putih menghasilkan 2-3 kilogram per batang, dan waktu panen adalah 9 bulan.

 

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga bermanfaat, terimakasih.