Jenis-Jenis Durian

Jenis-Jenis Durian

Salah satu jenis buah yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia ialah buah berduri ini. Selain bentuknya yang unik daripada lainnya, rasanya pun terkenal sangat manis. Untuk lebih lanjut, kenali beberapa jenis-jenis durian.

Jenis-Jenis Durian

Aroma yang sangat kuat dari durian ini membuat sebagian masyarakat tak menyukai buah satu ini, akan tetapi di lain sisi rasanya yang manis juga mampu menarik perhatian banyak orang untuk mencicipinya.

Jenis Durian Montong

Bagi pecinta durian pasti tak asing dengan nama satu ini. Durian montong biasanya yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Dikarenakan bentuknya yang dua kali lebih besar dari jenis lainnya, rasanya pun juga sangat manis. Durian montong dikenal memiliki bobot hampir sepuluh kilogram.

Namun, ada beberapa kekurangan yang terdapat pada durian satu ini yaitu matangnya lebih lama daripada jenis lain, jika sudah masuk musimnya maka akan dibanderol dengan harga cukup tinggi.

Jenis Durian Musang King

Jenis selanjutnya ialah durian musang king, jenis satu ini berasal dari Malaysia dan merupakan salah satu buah paling unggul dan terkenal karena memiliki rasa yang sangat manis dan juga lezat. Untuk bagian daging buahnya, mempunyai sedikit rasa pahit. Namun, itulah yang membuatnya unik.

Daging durian musang king berwarna kuning seperti warna kunyit, biji buahnya juga berbentuk pipih. Untuk bobotnya biasanya memiliki berat sekitar dua sampai tiga kilogram. Diameternya sekitar dua puluh centimeter. Kelebihannya, durian ini lebih cepat matang daripada jenis lain.

Jenis-Jenis Durian

Jenis Durian Petruk

Dilihat dari namanya saja, Anda pasti sudah mengira berasal dari mana durian ini. Ya, durian petruk asalnya dari Jepara dan dapat dibudidayakan tepatnya pada daerah dataran rendah. Namun, ada keunikan yang dimiliki oleh buah ini.

Durian petruk tak memiliki rasa manis berlebihan seperti jenis durian lainnya, dikarenakan rasanya sudah bercampur dengan pahit. Durian ini juga dapat tumbuh dengan sangat cepat, akan tetapi lemah pada serangan wabah.

 

Itulah beberapa jenis-jenis durian yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang manis, buah durian ini juga mempunyai keunikannya sendiri. Itulah yang menjadikan buah ini ada nilai lebih.

Sumber: https://www.kebun.co.id/