Auto Draft

Investasi Minim Resiko yang Bisa dipilih Para Investor Pemula

Dari hari ke hari, semakin banyak muncul berbagai macam investasi yang mana semuanya pasti memberi iming-iming keuntungan menggiurkan. Meski begitu, Anda harus ingat jika di dalam dunia investasi berlaku rumus high return harus melewati dulu high risk. Nah, bagi Anda yang masih pemula atau investor baru, mungkin Anda jadi enggan untuk investasi karena takut rugi. Tenang saja, yuk simak 4 investasi minim resiko untuk bisa cepat kaya.

Investasi Minim Resiko yang Bisa Para Investor Pemula

Bagi seorang investor baru alias pemula, melakukan investasi memang cukup beresiko jika tidak tepat memilih. Namun sebenarnya mereka tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini di zaman serba maju ini, ada banyak banget lho pilihan investasi minim resiko yang bisa Anda lakukan. Bahkan, beberapa diantara jenis investasi hanya membutuhkan modal ratusan ribu rupiah saja untuk bisa membuat Anda disebut sebagai seorang investor.

Tentunya, investasi minim resiko ini memang akan memberikan return alias keuntungan yang kecil. Tapi tidak perlu sedih karena lambat laun, Anda bisa mengembangkan investasi minim resiko ini menjadi high risk high return dengan menerapkan sistem learning by doing. Lalu, apa saja saat ini investasi minim resiko yang bisa Anda pilih sebagai seorang investor pemula?

Reksa Dana Pasar Uang

Auto Draft

Pertama, investasi minim resiko yang bisa Anda pilih adalah reksa dana pasar uang. Anda yang seorang investor pemula pasti sudah sering mendengar jenis investasi ini. Selain memang dilirik banyak pemula, resiko investasi ini juga tidak begitu besar.

Namun harus Anda ketahui, sebenarnya investasi ini masih terbagi dalam 4 jenis lagi, yakni campuran, saham, pasar uang, dan pendapatan tetap. Nah, investasi reksa dana jenis pasar uang inilah yang bisa Anda pilih untuk minim resiko. Hal ini karena mayoritas dana investasi di pasar uang akan dialirkan ke dalam surat berharga atau deposito dimana jatuh temponya ada di bawah satu tahun.

Obligasi Milik Pemerintah (ORI)

Kedua, investasi minim resiko yang bisa Anda pilih adalah Obligasi Milik Pemerintah atau disingkat ORI. Investasi ini bukan sembarang obligasi karena diterbitkan langsung oleh pemerintah Republik Indonesia lengkap dengan seri terbaru secara berkala. Biasanya, investasi ini akan ditawarkan kepada WNI dimana semua kalangan bisa memilikinya, yakni mulai dari PNS, karyawan swasta, hingga ibu rumah tangga.

Peer-to-Peer Lending (P2P)

Auto Draft

Ketiga, investasi minim resiko yang bisa Anda pilih adalah Peer-to-Peer Lending atau disingkat P2P. Investasi ini adalah alternatif fundamental minim resiko dimana sebuah marketplace akan menjadi penghubung antara investor dengan peminjam. Dana yang dikucurkan untuk investasi pun tidak besar. Bahkan hanya dengan 100 ribu rupiah saja, Anda bisa berinvestasi di banyak aplikasi P2P.

Investasi Emas

Keempat, investasi minim resiko yang bisa Anda pilih adalah investasi emas. Sudah sejak dulu, investasi ini jadi primadona dimana meski klasik, namun resikonya yang kecil sebanding dengan keamanan nilai barangnya. Selain itu, investasi emas bisa dipakai investasi jangka panjang. Namun, Anda pun harus hati-hati agar tidak tertipu emas imitasi. Oleh karena itu, sangat perlu untuk belajar cara membedakan mana asli dan palsu.

Demikian ulasan mengenai 4 investasi minim resiko untuk bisa cepat kaya. Bagaimana? Cukup banyak bukan investasi minim resiko yang bisa Anda pilih dalam aksi sebagai investor baru? Tentunya, Anda juga tidak perlu cemas merugi karena modal yang dikeluarkan juga tidak begitu besar. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.