Auto Draft

Ingin Ber-bisnis Hewan Peliharaan? 5 Tips Ini Dapat Membantu!

Bisnis di bidang dunia budidaya hewan memang banyak sekai jenisnya, bagi kalian para pecinta hewan peliharaan, bisnis yang satu ini sangat berpotensi.

Banyak sekali orang yang menyukai hewan peliharaan, sampai-sampai lebih mengurusi hewan peliharaannya ketimbang dirinya sendiri. Jika kalian salah satunya, mungkin kalian termasuk dalam kelompok pecinta hewan peliharaan. Bahkan ada orang yang menghabiskan uang dengan jumlah sangat besar untuk membeli hewan peliharaan.

Jika kalian bisa membayangkannya, pastinya sangat menggiurkan bukan, untuk menjadikan peluang bisnis. Dengan membuka sebuah bisnis hewan peliharaan seperti pet shop, kalian bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Bagi kalian yang tertarik dengan bisnis pet shop ini, namun kalian bingung bagaimana cara memulainya? Simaklah berikut ini.

1. Tentukan Lokasi Pet Shop

Sebelum memulai bisnis pet shop pastinya kalian harus memiliki tempat untuk memulai bisnis kalian bukan. Nah, cobalah untuk memilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Jika kalian bingung, ada beberapa tips memilih lokasi Pet Shop.

Lokasi yang kondusif, carilah tempat yang bebas dari kebisingan, buatlah pet shop kalian bisa kedap suara, agar hewan yang nantinya kalian pelihara tidak stress. Kalian bisa membuat penyaring suara, dan pendingin suara.

Kebersihan toko paling utama, buatlah toko kalian bersih agar dapat membuat pelanggan dan hewan peliharaan yang mau dijual juga nyaman.

Dekat dengan pemukiman. Yang satu ini harus kalian perhatikan, karena orang pastinya hanya mau ke tempat yang paling terdekat dengan rumahnya. Maka dari itu, carilah lokasi pet shop kalian dekat dengan pemukiman.

2. Tentukan Jenis Pelayanan

Auto Draft

Banyak jenis pelayanan yang dapat kalian pilih untuk memulai bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, menjual aksesoris, mainan, dan sebagainya. Untuk memberikan kesan yang positif bagi pet shop kalian, kalian bisa memberikan layanan dengan sistem one-stop-service atau semua jenis layanan. 

Kalian juga bisa menambahkan beberapa jenis pelayanan seperti layanan penitipan atau salon bagi hewan peliharaan. Dengan begitu, bisnis pet shop kalian akan besar dan dikenal kelengkapan akan pelayanan yang tersedia.

3. Minta izin lingkungan

Setelah kalian memilih lokasi dan pelayanan yang tersedia di bisnis pet shop, dan mungkin lokasi yang kalian pilih dikawasan yang cukup ramai, kalian bisa meminta izin kepada warga sekitar terlebih dahulu. Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, kalian sudah menghargai orang sekitar kalian.

Karena untuk tidak semua orang merasa nyaman ketika berada dekat dengan hewan peliharaan tertentu. Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan lebih dahulu permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

4. Rekrut Dokter dan Perawat Hewan

Seperti di negara-negara maju, ketika seorang pebisnis hewan ingin memajukan bisnisnya lebih baik, mereka bukan hanya mempekerjakan seorang karyawan untuk menjaga dan mengatur toko saja, melainkan lebih baik untuk merekrut dokter hewan dan perawat hewan. 

Karena hewan yang dijual tidak hanya sebagai pajangan saja, namun juga dirawat agar tetap sehat dan kualitasnya bagus. Terlebih lagi, jika memiliki layanan penitipan hewan peliharaan, pastinya kalian memerlukan seorang perawat hewan dan juga dokter hewan. Dengan adanya dokter hewan, pastinya akan menambah image pet shop lebih bagus lagi.

5. Bangun Hubungan dengan Komunitas

Bisnis pet shop merupakan bisnis yang mengandalkan hubungan relasi dan komunitas. Salah satu cara yang efisien, membangun hubungan dengan komunitas. Dengan adanya relasi dengan komunitas, kalian dapat melakukan promosi pet shop dan layanan tertentu untuk komunitas tersebut. 

Kalian juga bisa diundang dalam event-event yang dilakukan oleh komunitas tersebut yang pastinya akan menambah popularitas dari pet shop kalian.