Ide Usaha Ternak di Desa

Ide Usaha Ternak di Desa

Banyak orang beranggapan bahwa kota adalah tujuan mencari pekerjaan, tak semua anggapan benar. Nyatanya mencari peluang usaha di desapun tak kalah menariknya untuk dicoba. Salah satu peluang usaha yang patut untuk kamu coba adalah usaha ternak. Bahkan di desa masih terbuka peluang usaha karena banyaknya lahan yang masih luas, mudahnya mendapatkan pakan untuk ternak, hingga masih mudahnya mendapatkan bahan bangunan untuk pembangunan usaha ternak.

Kamu dapat memilih usaha ternak apa yang kamu inginkan, karena semuanya menguntungkan, dan tentunya akan menjadi bisnis yang menggiurkan untuk masa depan. Berikut beberapa ide usaha ternak di desa yang dapat kamu pilih dan coba.

Usaha Ternak Unggas

Ada berbagai macam jenis unggas yang dapat diternak, diantaranya ayam kampung, ayam pedaging, ayam petelur, bebek petelur, bebek pedaging, ayam hias, burung puyuh, dan masih banyak lagi. Keuntungan yang akan kamu dapatkan pun cukup menggiurkan, karena usaha ternak unggas ini cukup menjanjikan.

Setiap jenis unggas memiliki pasar masing-masing, seperti ayam pedaging, ayam petelur, yang menjadi kebutuhan pokok para ibu-ibu rumah tangga dan ayam pedaging, ayam kampung serta bebek pedaging yang dibutuhkan oleh rumah-rumah makan atau restoran di kota. Kamu juga dapat menjadi pemasok para pedagang telur dan daging di pasar. Bagi kamu yang masih pemula, pelajari terlebih dahulu bagaimana cara beternak unggas yang baik dan benar agar apa yang dihasilkan sesuai dengan harapan.

Ide Usaha Ternak di Desa

Usaha Ternak Ikan

Usaha ternak lain yang juga menjanjikan adalah ternak ikan. Masih banyaknya lahan kosong di desa dapat dimanfaatkan untuk ternak ikan tawar seperti gurame, nila, lele, dan lainnya. Kamu dapat menjalankan usaha pembibitan ikan atau pembesaran. Kamu dapat memulainya dengan satu atau dua kolam dulu sebagai permulaan, jika modal yang kamu miliki masih terbatas. Modal yang akan kamu keluarkan cukup besar adalah di pakan ikan, namun kamu bisa menekannya di bagian bibit ikan, karena harga bibit ikan relatif cukup murah. Atau agar modal yang dikeluarkan lebih kecil, kamu dapat melakukan pembibitan dan pembesaran ikan secara sekaligus.

 

Baca juga: Bisnis rumahan | Contoh Usaha dengan Modal Kecil

Usaha Ternak Kambing dan Sapi

Salah satu alasan ternak kambing cocok untuk dilakukan di desa adalah masih banyaknya rumput sebagai pakan terbaik untuk kambing dan sapi. Selain itu lahan luas yang dibutuhkan untuk kandang juga menjadi alasan yang tepat memilih usaha ini di desa. Banyaknya permintaan kebutuhan daging kambing dan sapi di pasaran menjadi peluang yang bagus untuk memulai usaha ini. Selain itu hari raya Idul Adha menjadi momen yang menguntungkan bagi para peternak kambing dan sapi, karena banyaknya orang yang membutuhkan hewan ternak ini untuk berqurban.

Ternak Kroto

Banyaknya pecinta burung memberikan peluang usaha bagi kamu yang ingin membuka usaha ternak kroto. Para pemilik burung berkicau ini pasti membutuhkan pakan untuk hewan peliharaannya. Sehingga kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk memulai usaha ternak kroto di desa. Selain burung peliharaan, kroto juga dapat digunakan untuk pakan ikan.

Ternak Burung Berkicau

Semakin tingginya minat masyarakat terhadap burung-burung bersuara merdu ini, dapat menjadi salah satu peluang usaha yang patut untuk kamu coba di desa. Lahan yang masih luas di desa dapat memudahkan mu untuk beternak hewan yang satu ini. Harga-harga burung ini cenderung tinggi, sehingga memungkinkanmu mendapatkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Beberapa jenis burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung berkicau adalah burung Murai, burung Love Bird, Burung Kenari, burung Kacer, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa ide usaha ternak di desa yang yang dapat menjadi referensi bagimu yang ingin memulai usaha. Masih ada jenis-jenis usaha ternak lain yang juga dapat kamu coba di desa seperti ternak jangkrik, ternak udang, ternak cacing, ternak ulat sutra, ternak burung walet, ternak marmut, dan masih banyak lagi.

 

Temukan artikel menarik lainnya di pediansa (pediansa.com)