Cara Mudah Perbaiki Keyboard Laptop Sendiri

Ketika Anda mendapati keyboard laptop mengetik sendiri jangan langsung berpikir bahwa Anda sedang diganggu oleh makhluk halus ya! Hal ini disebabkan karena keyboard laptop yang mengetik sendiri bisa juga disebabkan karena terjadinya kerusakan atau error pada keyboard laptop.

Oleh karena itu, sebelum Anda merasa panik, akan lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana cara memperbaiki kondisi keyboard laptop seperti ini. Bagaimana caranya?

 

Cara memperbaiki keyboard laptop mengetik sendiri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa kondisi teknis yang mungkin menyebabkan keyboard laptop mengeluarkan huruf-huruf sendiri. Untuk tahu apa yang menyebabkan keyboard laptop mengetik sendiri dan bagaimana cara memperbaikinya, berikut ini adalah beberapa trik yang bisa Anda ikuti.

  • Menggunakan fitur troubleshoot pada Windows

Pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang error adalah dengan menggunakan fitur troubleshoot pada Windows. Fitur troubleshoot yang diberikan oleh Windows ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah keyboard error yang disebabkan karena glitch.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengatasi keyboard yang mengetik sendiri karena glitch ini, maka Anda bisa masuk ke fitur update & security yang disediakan oleh Windows. Anda bisa mengaksesnya dari control panel atau bisa juga langsung mengetikkan ke kolom pencarian di Windows Anda. Pencarian di Windows ini bisa dilakukan jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Auto Draft

Akan tetapi jika Anda tidak cara menggunakan fitur searching ini, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini :

  • Masuk ke menu setting
  • Cari fitur update and security
  • Pilih device keyboard
  • Klik run the troubleshooter

Cara ini akan sangat mudah dilakukan terutama untuk mengatasi kondisi klik pada keyboard Anda akan tetapi kondisi ini mungkin tidak akan berlaku ketika keyboard yang error ini disebabkan karena drivernya.

  • Mengatasi keyboard mengetik sendiri dengan menggunakan driver baru

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masalah keyboard yang mengetik sendiri tidak hanya disebabkan karena glitch pada program. Akan tetapi hal ini juga bisa disebabkan karena program keyboard yang Anda miliki sudah tidak update lagi. Oleh karena itu untuk mengembalikan fungsi keyboard seperti sebelumnya, Anda bisa melakukan pengunduhan terhadap driver baru keyboard laptop.

Untuk melakukan update ini Anda bisa mengikuti cara di bawah ini :

  • Pertama Anda bisa masuk ke device manager yang ada di laptop Anda. Untuk mencari fitur ini Anda juga bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Windows.
  • Setelah itu Anda bisa mencari keyboard pada device yang ada di fitur tersebut
  • Klik kanan keyboard
  • Pilih update driver
  • Pilih fitur search automatically
  • Jika sudah muncul, Anda bisa langsung menginstal driver keyboard baru tersebut.

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk Anda ikuti terutama bagi Anda yang belum memiliki pengetahuan banyak mengenai driver dari sebuah device di laptop Anda. Akan tetapi jika Anda sudah memiliki driver baru yang diunduh secara manual, Anda bisa memilih fitur "Browse my computer for driver software".

  • Bersihkan keyboard Anda

Jika 2 cara di atas tidak dapat digunakan, cara terakhir yang bisa Anda ikuti untuk memperbaiki keyboard yang mengetik sendiri adalah dengan membersihkan keyboard Anda ada di bagian bawahnya. Salah satu penyebab keyboard laptop mengetik sendiri bisa juga dikarenakan bagian bawah keyboard yang terlalu kotor. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan penyedot debu atau bisa membersihkannya dengan cara manual menggunakan tutorial yang ada di YouTube.