Cara Ini Efektif untuk Bantu Persiapkan Berkas Daftar Perguruan Tinggi

Cara Ini Efektif untuk Bantu Persiapkan Berkas Daftar Perguruan Tinggi

Menjadi Terorganisir

Kamu dapat mendaftar ke perguruan tinggi secara online atau melalui surat. Aplikasi online dapat diproses dengan cepat dan mungkin memiliki pemeriksaan internal untuk memastikan semua materi disertakan.

Jika kamu tertarik dengan universitas internasional di Jakarta, kamu bisa dengan mudah melakukan pendaftaran kuliah online di LSPR Jakarta, sehingga tidak perlu khawatir apakah berkas akan tertinggal saat melakukan pengiriman lewat pos karena semuanya menggunakan sistem digital.

Aplikasi yang dikirim melalui pos lebih mudah untuk dikoreksi. Bagaimanapun, mengikuti saran ini akan membuat kamu siap untuk sukses memasuki perguruan tinggi impian.

Mulailah Lebih Awal

Tetapkan tenggat waktu untuk menyelesaikan esai, mengumpulkan rekomendasi, dan mengisi formulir beberapa minggu sebelum benar-benar diperlukan. Tandai tenggat waktu sebelumnya di kalender dan jangan sampai ketinggalan. Situs web perguruan tinggi adalah tempat terbaik untuk menemukan informasi tenggat waktu yang akurat.

Bersikaplah Konsisten

Menggunakan nama yang sama persis di semua formulir membuat segalanya lebih mudah bagi petugas penerimaan. Putuskan apakah ingin menggunakan versi singkat dari nama resmi atau nama tengah dan selalu gunakan versi yang sama. Beralih nama dari Bill ke Billy, meningkatkan kemungkinan berkas yang di data petugas menjadi salah sasaran.

Cara Ini Efektif untuk Bantu Persiapkan Berkas Daftar Perguruan Tinggi

Hati-hati

Kesalahan yang ceroboh dalam lamaran dapat merusak peluang kamu untuk diterima. Setelah menyelesaikan kelengkapan administrasi masuk perguruan tinggi, sisihkan selama sehari dan kemudian periksa apakah ada kesalahan. Jika memungkinkan, mintalah seorang guru atau orang tua untuk mengoreksinya juga. Simpan dan tinjau kelengkapan berkas persyaratan sebelum kamu mengirimkannya melalui pos atau aplikasi online.

Beritahu Pihak Sekolah Sebelumnya

Kamu perlu memberitahu pejabat sekolah terkait perguruan tinggi mana yang akan kamu masuki sehingga mereka dapat mengirimkan transkrip diri kamu. Orang yang kamu minta untuk menulis surat rekomendasi juga perlu tahu di mana kamu melamar ke perguruan tinggi jika mereka mengirimkan sendiri surat itu.

Menyelesaikan Paket

Setelah kamu menyelesaikan urusan administrasi pendaftaran, ikuti tips berikut untuk memastikan semua bagian mencapai tujuan mereka.

Jangan menunggu.

Apapun yang perlu dikirim melalui pos, termasuk berkas masuk ke perguruan tinggi harus dikirim dalam beberapa minggu sebelum waktunya. Ini memberikan waktu untuk pengiriman dan pemrosesan. Pemberkasan online juga harus dikirim beberapa minggu sebelum tenggat waktu.

Kirim sekali.

Saat mendaftar secara online, biasanya akan mendapatkan respons otomatis yang menyatakan bahwa berkas telah diterima. Jika tidak, hubungi kantor penerimaan perguruan tinggi. Jangan mendaftar lagi secara online atau mengirimkan melalui email di aplikasi lain.

Simpan salinan.

Buat salinan dari setiap bagian dari setiap aplikasi. Simpan nomor identifikasi pribadi, kata sandi, cek dan catatan yang dibatalkan atau email dari petugas penerimaan. Dokumentasi ini dapat menyelamatkan kamu jika muncul masalah.

Dapatkan konfirmasi.

Jika Anda mengirimkan lamaran, pastikan kamu menerima nomor resi pengiriman sehingga dapat melacak paket dan mendapatkan konfirmasi di setiap paket sehingga petugas penerimaan dapat memberitahu Anda bahwa berkas kamu telah sampai tujuan. Mungkin perlu waktu beberapa minggu untuk berkas dapat sampai di tujuan.

Kamu bisa mendaftar kuliah secara online ke universitas ternama di Indonesia melalui GoKampus. Jika kamu mendapatkan pemberitahuan yang mengatakan ada sesuatu yang hilang, jangan panik. Hubungi saja kantor penerimaan dan tanyakan langkah apa yang dapat kamu ambil.