Auto Draft

Berapa Harga Aqiqah di Jakarta

Melaksanakan aqiqah disunahkan pada hari ketujuh setelah anak dilahirkan di dunia. Apabila Terlewatkan dari 7 hari, maka tetap boleh dilaksanakan di hari ke-14 atau bisa juga dilaksanakan hari ke 21.

Menjalankan ibadah aqiqah memang tidak diwajibkan, namun disunahkan. Akan tetapi sebagian umat muslim akan melakukannya sebagai salah satu cara untuk menebus buah hatinya.

Bayi yang sudah dilahirkan adalah bayi yang tergadaikan, sehingga salah satu cara untuk mengambil bayi dan sepenuhnya milik kita yaitu dengan menjalankan aqiqah. Apabila bayi belum diaqiqahi maka sama halnya bayi masih tergadaikan.

Menurut ulama Syaikh Ibnu Utsaimin dan Syaikh Shalih Al Fauzan, menjalankan aqiqah tidak harus pada waktu yang telah ditentukan seperti diatas. Akan tetapi tidak ada batasan waktu, sehingga bagi para orang tua yang sekiranya belum mempunyai kemampuan untuk mengaqiqahi anaknya, maka bisa melakukan aqiqah di saat dirinya mampu.

Auto Draft

Ada baiknya jika Anda menggunakan jasa Aqiqah Jakarta, karena harga paket aqiqah Jakarta Selatan sangatlah terjangkau. Bahkan Anda pun tidak perlu ribet, artinya Anda hanya terima jadi saja. Sementara untuk pemilihan kambing aqiqah tentunya sama dengan pemilihan kambing saat qurban. Baik itu dari segi jenis, kondisi fisik, bahkan sampai dengan usia.

Untuk domba yang bisa disembelih harus yang sudah berumur yaitu paling tidak sudah berusia 6 bulan. Sementara untuk kambing paling tidak berusia 1 tahun. Bagi anak laki-laki diwajibkan untuk aqiqah sebanyak 2 ekor kambing. Untuk anak perempuan hanya 1 ekor kambing saja. Tidak ada ketentuan mengenai jenis kelamin hewan karena bisa betina maupun jantan.

Bagaimana Pembagian Daging Aqiqah?

Dari segi pembagian daging pada dasarnya sama seperti membagikan daging qurban. Akan tetapi tetap ada perbedaannya. Untuk hewan aqiqah dan qurban akan dibagi menjadi tiga, yang pertama yaitu bernilai sedekah yang diberikan untuk fakir miskin, sepertiga keduanya bernilai hadiah yang diberikan kepada sahabat atau tetangga. Sementara untuk sepertiganya yaitu itu diberikan untuk shohibul aqiqah atau keluarga yang beraqiqah.

Untuk pembagian daging memang tidak harus rata, bahkan tidak harus seperti pembagian di masing-masing bagian. Akan tetapi akan lebih diutamakan jika lebih banyak pembagian daging tersebut bernilai sedekah, yaitu untuk duafa maupun fakir miskin atau yatim.

Jika Anda tidak ingin ribet ketika ingin melaksanakan aqiqah, maka bisa langsung menggunakan jasa aqiqah yang bisa membantu Anda supaya bisa lebih praktis ketika ingin menebus bayi Anda yang tergadaikan. Untuk harga Aqiqah Jakarta sangatlah terjangkau dan dalam bentuk paket. Sehingga Anda dapat memilih paket yang sudah disediakan tersebut.