Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kartu Memori

Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kartu Memori

Foto yang hilang dari kartu memori ponsel Android gara-gara tak sengaja terhapus maupun karena sebab lain tetap dapat dikembalikan. Salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori yaitu memanfaatkan beberapa aplikasi khusus yang banyak tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi tersebut ada yang gratis namun ada juga yang premium dengan membayar biaya tertentu.

Simak pilihan apa saja aplikasi yang memiliki fitur mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori yang direkomendasikan oleh situs digitalponsel berikut ini :

Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kartu Memori

Android Data Recovery

Adalah software berplatform Windows yang bisa dipasang di komputer desktop maupun laptop. Berikut cara mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori memanfaatkan program Android Data Recovery di komputer Windows. Unduh program Android Data Recovery kemudian pasang di komputer. Buka programnya kemudian koneksikan ponsel Android (bila foto yang hilang ada di memori internal) atau gunakan card reader bila file foto ada di kartu memori ke komputer sampai terbaca program tersebut. Jalankan prosedur scanning. Setelah hasil ditampilkan, pilih foto atau file yang hendak di-recovery, lalu tekan tombol Recover. Tentukan lokasi untuk menempatkan file hasil recovery, lalu tekan tombol Ok. Android Data Recovery adalah program premium seharga dari 49,95 dolar.

Easeus Mobi Saver

Aplikasi Easeus Mobisaver ditawarkan untuk perangkat dengan sistem operasi Windows dan juga ponsel Android. Berikut cara mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori dengan Easeus Mobisaver langsung di ponsel Android. Unduh aplikasi Easeus Mobisaver dari Google Play Store kemudian pasang. Buka aplikasi Easeus Mobisaver kemudian di layar utama, ketuk tombol scanning untuk memindai semua file yang ada. Tentukan file foto atau yang lainnya yang hendak dikembalikan. Ketuk tombol recovery. Sebagaimana untuk versi desktop, aplikasi Easeus Mobisaver untuk Android pun mengharuskan smartphone yang akan diambil file-nya dalam kondisi rooted. Itu bila file foto yang dicari ada di memori internal. Tool recovery yang satu ini sesuai untuk ponsel yang menggunakan platform Android versi 4.0 atau yang di atasnya.

PhotoRec

Program ini tersedia untuk berbagai sistem operasi termasuk Windows. Namun sebelum mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori, hal berikut penting diperhatikan. Jangan membuka kartu memori tersebut sebab ketika file foto dihapus masih ada kemungkinan belum hilang. Hal tersebut dikarenakan ketika sebuah file dihapus, sebenarnya dibuat agar ditimpa file yang lebih baru. Karenanya bila kartu memori itu tak diakses maka tak aka tertimpa file yang lebih baru sehingga kemungkinan dikembalikan masih bisa. Ambil kartu memori dari ponsel.

Download program PhotoRec yang tersedia gratis di internet. PhotoRec bisa berjalan pada komputer dengan OS Windows, OS X, maupun Linux. Lakukan ekstraksi file PhotoRec hasil unduhan. Program ini tak usah diinstal, pengguna cukup mengekstraknya saja dan nama yang ditampilkan akan menjadi photorec_win bila di komputer Windows. Colokkan kartu memori ke PC menggunakan card reader.

Buka program PhotoRec tadi, pengguna akan menjumpai antarmuka PhotoRec hanya berupa baris perintah. Pengguna harus memakai tombol panah di papan ketik bila ingin menjalankannya. Tentukan drive dimana kartu memori itu berada lalu klik Enter. Selanjutnya tentukan partisi, umumnya kartu memori microSD cuma memuat sebuah partisi. Pilih partisi memakai tombol panah.

Selanjutnya pilih menu File Opt. Pilihan tersebut ada di deretan bawah jendela aplikasi. Perhatikan untuk tak memilih format file yang tak dibutuhkan. Pengguna bisa mempersingkat waktu pencarian dengan memilih beberapa format file saja. Bila pengguna akan mengembalikan file foto, untuk itu gunakan beberapa format berikut : JPEG, JPG, RAW, CR2, PNG, TIFF, BMP, GIF, DNG, dan SR2. Pilih tombol Search untuk memproses. Opsi tersebut akan masuk ke menu sistem file. Tentukan tipe sistem file. Kalau pengguna hendak mengembalikan file dari kartu memori microSD, pilihlah opsi Other.

Tentukan bagian mana yang harus dilakukan analisa. Bilamana pengguna mencoba ingin mengembalikan file yang terhapus, pilih menu Free. Bilamana pengguna hendak merecovery file di kartu memori MicroSD yang error maka pilihannya adalah Whole. Tentukan direktori dimana file yang dapat direcovery hendak diletakkan. Siapkan lokasi baru sehingga akan mempermudah pengguna ketika akan mencari folder tersebut. Nantikan proses pemulihan file hingga tuntas. Lama recovery bisa memakan waktu lumayan lama. Pengguna bisa mengamati total file yang bisa direcovery secara real time.

 

Temukanlah file yang dikehendaki dari daftar file yang dapat direcovery. Biasanya file tersebut akan dinamai berbeda dengan yang asli, sehingga pengguna harus menemukan file yang dibutuhkan itu satu per satu dengan membukanya. Namun bilamana ternyata tak ditemukan, coba software recovery data yang lain. Ok, selamat mencoba dan semoga berhasil!