Bagaimana Keberadaan Mimbar Masjid di Indonesia

Bagaimana Keberadaan Mimbar Masjid di Indonesia

Banyak orang menanyakan keberadaan mimbar ini sebagai hal apa di dalam masjid, terlebih jika masjid berarsitektur mewah dan berbudaya ini menjadi pertanyaan setiap masyarakat. Kali ini keberadaan mimbar di dalam masjid menjadi suatu kebanggaan dan keindahan tersendiri bagi daerah yang ditempati.

Mimbar disini berfungsi sebagai tempat khotib berkhutbah dan sebagai penghias masjid selain ornamen lainnya seperti hiasan dinding dengan kaligrafi, kubah masjid yang mewah dan juga pelataran dan gapura yang tergolong menjadi hal yang mempercantik keberadaan masjid. Ornamen yang ada di masjid ini memiliki fungsinya sendiri, terlebih untuk mimbar yang memiliki fungsi estetik dan penggunaannya dalam beribadah.

Bagaimana Keberadaan Mimbar Masjid di Indonesia

Peran dan Fungsi Mimbar di Masjid Indonesia :

Sebagai Duduk Khotib ketika Sholat Jumat

Pada prosesi ibadah sholat Jumat, mimbar masjid memainkan perannya sebagai tempat duduk dan berkhutbah yang dilakukan oleh khotib. Hal ini menandakan fungsi dan peran sebuah mimbar sangat vital di dalam masjid, karena apapun bentuk mimbarnya, ternyata tidak mengurangi kesakralan dalam ibadah sholat Jumat. Sehingga rasanya kurang afdhol jika masjid tidak memiliki mimbar seperti pada umumnya.

Sebagai Penghias dan Pelengkap Ornamen Masjid

Salah satu fungsi lainnya yakni pada pelengkap ornamen yang ada di dalam masjid. Fungsi estetik yang diberikan oleh mimbar pada keindahan dan kemegahan masjid ini terletak pada sisi desainnya yang di Indonesia ini memiliki ragam motif dan ciri khas tersendiri. Misal pada ukiran Jepara yang memiliki ukiran kaligrafi yang ciamik, dan juga pada mimbar marmer yang terkesan elegan dan mewah.

Sisi penghias disini adalah dengan memberikan kesan estetik dan kekaguman bagi jamaah yang datang ke masjid, apalagi dengan mimbar masjid yang berdesain kekinian yang terbuat dari marmer atau batuan yang indah membuat keberadaan mimbar ini menjadi pelengkap keindahan dan kemegahan masjid, contohnya pada Masjid Agung Jawa Tengah dan Masjid Istiqlal yang mempunyai desain masjid masa kini.

Peran Sosial dan Memikat Jamaah yang Datang

Peran sosial disini adalah dengan menarik perhatian para masyarakat atau jamaah untuk datang ke masjid, dan menumbuhkan rasa sosial dan semangat untuk beribadah pula. Pada keberadaan mimbar yang didesain estetik, menjadikan jamaah yang datang akan merasakan kesan yang menarik dan tentunya mengandung nilai kemanusiaan yakni untuk berkumpul setelah jamaah dan membicarakan tentang nilai-nilai Islam secara mudah dan merata.

Pada artikel yang kami buat ini memberikan pengetahuan yang memukau, Anda pastinya akan terpikir bahwa pentingnya adanya mimbar masjid ini selalu menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam membangun masjid. Karena peran dan fungsi mimbar yang ada di Indonesia ini menjadikan masyarakat untuk lebih memperhatikan adanya keharusan untuk menambahkan mimbar di setiap masjid. Maka dari itu, secara hukum boleh saja tetapi alangkah baiknya menggunakan mimbar sebagai fungsi estetik dan nilai ibadah yang dibutuhkan.