Apa itu PSAK? Tentang Manfaat dan yang Dipakai di Indonesia

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan merupakan prinsip akuntansi atau prosedur tentang yang meliputi tata cara penyajian laporan informasi akuntansi keuangan. Jadi seorang akuntan harus memenuhi kriteria laporan informasi akuntansi sesuai yang ada pada PSAK. Baru laporan yang dihasilkan bisa digunakan oleh pihak pemakai informasi akuntansi. 

Tujuan adanya pernyataan standar akuntansi keuangan ini untuk mengatur dan menyetarakan hasil laporan akuntansi supaya bisa menyajikan data yang informatif dan lengkap serta bisa digunakan dengan semestinya.

Pada pembahasan kali ini kami akan membagikan tentang apa itu Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan dan apa saja jenisnya yang ada di Indonesia.

Auto Draft

 

Apa Itu PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)

PSAK adalah pedoman dalam membuat laporan keuangan akuntansi. Setiap akuntan harus mematuhi peraturan yang ada pada PSAK dalam menyusun laporan keuangan pada siklus akuntansi.

Dengan demikian, laporannya bisa digunakan atau dibaca oleh pihak pemakai informasi akuntansi baik internal maupun pihak eksternal dengan baik.

PSAK pada intinya berisi peraturan yang yang harus dipenuhi oleh seorang akuntan dalam menyajikan laporan akuntansi mulai dari proses pencatatan penyusunan analisis hingga penyajian laporan keuangan.

 

Manfaat PSAK dalam dunia akuntansi

Laporan akuntansi berisi tentang informasi penting yang ada di perusahaan, meliputi harta perusahaan kewajiban perusahaan modal, jumlah pendapatan, biaya perusahaan dan informasi penting lainnya. Sehingga harus dibuat dengan benar dan sesuai aturan yang berlaku. Supaya informasi akuntansi bisa menyajikan data yang akurat dan benar. 

Tujuannya agar informasi akuntansi bisa digunakan oleh pihak pemakai informasi akuntansi sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya masing-masing. Misalnya seorang manajer bisa membuat rencana keputusan bisnis perusahaan. Kemudian seorang investor bisa membuat keputusan dalam investasi. 

Lalu apa saja sih jenis-jenis PSAK yang berlaku di indonesia?

 

PSAK yang berlaku di indonesia

Ada beberapa jenis psak yang diterapkan di indonesia diantaranya:

  • PSAK IFRS (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan International Financial Report Standard) merupakan standar akuntansi yang digunakan pada perusahaan yang punya tanggung jawab terhadap publik seperti perusahaan bumn asuransi. 
  • PSAK ETAP (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Asuransi Publik) merupakan standar akuntansi bagi badan usaha yang tidak punya tanggung jawab publik.
  • PSAK Syariah merupakan standar akuntansi pada badan usaha yang menggunakan prinsip syariah.
  • PSAK EMKM (PSAK Entitas Mikro, Kecil dan Menengah) adalah standar akuntansi keuangan yang digunakan oleh badan usaha mikro kecil dan menengah.
  • SAP (Standar Akuntansi Pemerintah) adalah standar akuntansi yang digunakan oleh pihak pemerintah pusat dan pemerintah daerah saat menyusun laporan keuangan daerahnya.