6 Tips Mencari Judul Skripsi

Sebelum menghadapi pertempuran sesungguhnya dalam mengerjakan skripsi, di tahap awal kamu akan disuruh untuk menyetorkan judul skripsi terlebih dahulu. Nah, sayangnya, proses penyetoran judul skripsi sendiri saja juga tidak mudah dan beberapa mahasiswa juga sering revisi berulang kali di tahapan ini. Supaya kamu tidak sampai revisi atau bahkan judulnya ditolak oleh dosen pembimbing, ikuti tips serta cara mencari judul skripsi berikut yuk.

Cari Ide Judul dari Topik yang diminati

Tips pertama yang harus kamu lakukan dalam mencari judul skripsi adalah mengetahui dulu apa yang jadi minatmu. Ini bisa jadi berhubungan dengan konsentrasi yang kamu ambil. Misalnya, jika kamu berada di jurusan sastra dan mengambil konsentrasi linguistik, serta menyukai salah satu mata kuliah di bidang linguistik tersebut, cobalah untuk membuat judul yang berhubungan dengan mata kuliah itu. Membuat judul dari topik yang disukai cenderung membuat kamu akan lebih bersemangat dalam proses pengerjaannya.

6 Tips Mencari Judul Skripsi

Lihat Realita yang ada di Masyarakat

Selain mengambil judul skripsi dari topik mata kuliah yang diminati, hal-hal yang terjadi di sekitar juga bisa menjadi salah satu ide untuk dituliskan menjadi sebuah judul. Hal ini sesuai yang dijelaskan kalau judul skripsi yang menarik juga bisa didapatkan dari pengamatan di lingkungan sekitar.

Misalnya, jika kamu melihat fenomena anak-anak kecil yang kecanduan game dan ternyata hal itu sangat berdampak untuk psikis dan pendidikan anak, maka itu bisa kamu kembangkan lebih lanjut. Pastinya, setiap ide judul skripsi yang kamu dapatkan harus bisa disambungkan dengan teori-teori atau topik yang sesuai dengan konsentrasi kamu.

Banyak Baca Referensi di Perpustakaan

Jika selama ini kamu cukup malas mengunjungi perpustakaan, maka ini tidak boleh lagi kamu lakukan. Apalagi saat kamu sudah mulai mencari judul skripsi. Biasanya, di perpustakaan aka nada banyak koleksi skripsi dari kakak-kakak seniormu, tidak ada salahnya untuk melihat seperti apa judul skripsi yang mereka tulis sebagai bentuk referensi. Eits, tapi jangan sampai diplagiat ya.

Selain itu, buku-buku yang ada di perpustakaan juga bisa kamu manfaatkan untuk riset lebih banyak mengenai judul skripsi. Sejalan dengan yang dijabarkan jika memperbanyak membaca juga bisa menjadi sumber referensi untuk mengembangkan ide judul skripsi yang muncul di kepala.

Baca-baca Jurnal Internasional

Tidak cukup hanya membaca buku-buku saja, mendapatkan ide judul skripsi juga bisa didapatkan dengan mengulik-ulik jurnal internasional. Setiap jurnal yang ditulis pastinya tidak sepenuhnya sempurna dan jika kamu jeli dalam melihat permasalahan yang ada, pasti akan ada gap atau celah untuk bisa kamu kembangkan lebih lanjut.

Berdiskusi dengan Teman atau Senior

Sudah menemukan beberapa ide judul skripsi, tapi kamu masih bingung untuk merangkainya menjadi judul yang pas? Cobalah untuk meminta pendapat dari teman atau senior yang punya topik sejenis. Berdiskusi dengan teman dan senior setidaknya akan memberikan perspektif baru yang bisa membantumu keluar dari kebuntuan. Apalagi jika berdiskusi dengan senior yang sudah berpengalaman dalam menyelesaikan skripsi, pasti mereka bisa memberikan saran berdasarkan pengalaman mereka tersebut.

Buat Beberapa Pilihan Judul

Dalam menuliskan judul skripsi, usahakan untuk tidak hanya menyiapkan satu judul saja. Ini dilakukan jika saja dosen pembimbingmu tidak setuju atau menolak judul yang kamu ajukan, maka kamu masih punya cadangan yang lain. Kemudian buat judul semenarik mungkin dan tidak sama dengan penelitian yang lain. Jika judulmu sama dengan penelitian yang sudah pernah ditulis, sudah dipastikan kamu akan terkena plagiasi dan otomatis akan ditolak dosen.

Itu dia seluruh tips dan cara mencari judul skripsi yang bisa kamu aplikasikan untuk mencari judul skripsi. Meskipun proses awal dalam penulisan skripsi ini juga tidak mudah, tetapi jika kamu benar-benar ulet dan menerapkan tips serta cara yang sudah disebutkan, pasti kamu akan mendapatkan judul yang sesuai.