Auto Draft

5 Durian Unggul Asli Indonesia yang Sangat Bagus Dibudidayakan

Indonesia adalah negara penghasil buah durian dengan varietas paling banyak dan paling beragam di dunia. Menurut data yang disampaikan Yayasan Durian Nusantara, di Indonesia hanya ada sekitar 15% jenis durian yang dikebunkan, sisanya tumbuh secara liar di alam.Dengan jenis yang begitu banyak, durian asli Indonesia menghasilkan banyak durian unggul yang memiliki kualitas dan citarasa unik.

Dari sekian banyak varietas durian di Indonesia inilah beberapa bibit durian unggul asli Indonesia yang sangat bagus dibudidayakan.

1. Durian Bawor

Dikembangkan oleh petani asal Banyumas, Jawa Tengah.Durian bawor tercipta dari gabungan 35 jenis pohon durian unggul lokal maupun impor, dengan ditanam menggunakan teknik okulasi.

Durian bawor memiliki bentuk yang besar dengan berat rata-rata 6-9kg/buah, durian ini bahkan dapat mencapai berat maksimal 15kg/buah. Memiliki daging buah yang tebal, padat, dan berbiji kecil, durian unggul ini memiliki rasa khas buah durian lokal yaitu manis dengan sedikit pahit karena kadar alkohol yang terkandung dalam buahnya. Tapi rasa pahit inilah yang banyak dicari pencinta buah durian lokal.

Auto Draft

Durian bawor dapat dipanen setelah 3-4 tahun setelah masa tanam. Waktu tersebut lebih cepat dibandingkan dengan jenis durian lain yang membutuhkan waktu 8 tahun untuk dipanen. Setelah berumur 5 tahun durian unggul ini dapat menghasilkan 100kg buah dari satu pohon.

2. Durian Namlung

Durian namlung alias durian cumasi alias durian tai babi adalah salah satu dari tiga varietas durian unggul pulau bangka, Sumatera. Durian yang sedang banyak diburu oleh pencinta durian lokal ini memiliki rasa yang manis, legit, dan sedikit pahit.

Walaupun buahnya tidak terlalu besar dan bobotnya hanya sekitar 1,5-2kg/buah. Tapi durian unggul ini memiliki daging buah yang tebal dengan biji kecil, beberapa buah bahkan ditemukan tidak memiliki biji. Bukan hanya itu, kekhasan lain yang dimiliki durian ini adalah kandungan alkoholnya yang dapat menghangatkan badan setelah dimakan.

3. Durian Super Tembaga

Sesuai namanya, durian super tembaga memiliki warna daging buah yang cantik yaitu kuning sedikit jingga seperti tembaga. Durian unggul yang berasal dari bangka belitung ini rasanya manis, legit, dengan sedikit rasa pahit yang lembut. Sehingga akan semakin enak saat dikunyah di mulut.

Ukuran durian ini tidak terlalu besar beratnya berkisar antara 2 sampai 3,5kg perbuah. Walaupun ukurannya sedang, tapi daging buah durian unggul ini super tebal, dengan tekstur sangat lembut, dan tidak lengket saat dikunyah.

Kunci utama dalam berkebun adalah pemilihan bibit durian yang berkualitas dan sesuai dengan jenis yang anda inginkan. Tidak ada salahnya juga anda membeli secara online, dengan syarat pilihlah penjual yang sudah terbukti kualitasnya. Salah satu penjual bibit online yang kami rekomendasikan adalah https://www.bibitbuahku.com/

4. Durian Petruk

Berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Durian petruk menjadi ikon daerah jepara sejak tahun 80an.Durian ini berbentuk lonjong, berbeda dengan durian lokal kebanyakan yang berbentuk oval, dengan bobot berkisar antara 1 sampai 2kg perbuah. Kulitnya berwarna hijau kekuningan atau kuning kecoklatan, dan duri kulit runcing.

Durian unggul ini memiliki rasa yang khas dan unik, yaitu setengah manis dan setengah pahit. Aromanya harum dan kuat yang dapat menggugah selera. Daging buahnya berwarna kuning agak tebal, dan biji yang kecil. Teksturnya sedikit lembek, dan berserat halus. Sejak dulu sampai sekarang durian petruk masih menjadi idola bagi penikmat durian lokal.

5. Durian Malika

Durian malika merupakan salah satu buah durian unggul lokal yang saat ini sedang populer. Berasal dari daerah Gunungpati, Semarang, Jawa tengah. Durian yang namanya diambil dari nama istri pemilik pohon induknya ini, dikenal karena memiliki daging buah berwarna kuning yang cantik.

Buah durian malika memiliki ukuran yang cukup besar. Dengan aroma semerbak yang khas saat dibelah, daging buah yang tebal, dan warna kuning yang cantik. Akan dapat menggoda siapa saja yang melihat. Tekstur daging buah durian unggul ini lembut dan creamy, rasanyapun khas yaitu manis dan legit yang pas. Tidak terlalu manis namun terasa nikmat.

Itulah beberapa durian unggul asli Indonesia yang sangat bagus dibudidayakan. Dengan bentuk, rasa, dan ukuran yang unik dan bermacam-macam.