3 Tips Untuk Membantu Anda Mengurangi Biaya Homeschooling

Homeschooling bisa menjadi pilihan yang mahal bagi orang tua. Ada banyak pengeluaran yang perlu diperhitungkan dan beban keuangan bisa menjadi berat terutama jika hanya satu orang tua yang bekerja.

Namun, banyak keluarga telah memilih homeschooling dan menemukan pengalaman homeschooling sebagai sesuatu yang bermanfaat dan bermakna.

wei9wfjmabihlp5w7q18

Meskipun homeschooling mahal, ada beberapa tip yang akan membantu Anda mengurangi biaya homeschooling dan membantu meringankan masalah keuangan Anda.

1. Materi pembelajaran

Anda bisa mendapatkan buku pelajaran anak Anda dan bahan pelajaran lainnya dengan mudah tanpa harus membelinya. Anda selalu dapat meminjamnya dari perpustakaan. Perpustakaan kota juga dapat memberi pinjaman gratis kepada anda. Kalau di Surabaya, di jalan Rungkut itu ada satu perpustakaan kota yang bisa anda kunjungi. Selain itu sekolah lokal Anda mungkin dapat meminjamkan atau menjualnya kepada Anda dengan harga murah dan Anda dapat mengakses internet serta mengunduh materi pendidikan dan mencetaknya sendiri.

Kunjungi forum homeschooling online dan tanyakan di mana Anda dapat meminta materi pembelajaran gratis atau murah. 

2. Karyawisata Pendidikan

Perjalanan pendidikan dapat berarti kunjungan ke kebun binatang atau pusat sains setempat. Anda dapat mengajari anak Anda tentang hewan dan tumbuhan di taman lokal Anda atau di kebun binatang di kota Anda. Di surabaya, ada kebun binatang surabaya di Jl. Diponegoro.

Anda juga dapat mengajarkan sejarah dengan mengunjungi situs bersejarah. Anda dapat mengajar budaya dengan mengunjungi situs budaya lain atau menonton drama, dll. Semua ini biasanya gratis atau dengan harga murah.

3. Jadilah bagian dari komunitas

Harusnya ada beberapa komunitas homeschooling lokal di lingkungan sekitar Anda. Di Surabaya ada kok, browsing saja di google "komunitas homeschooling Surabaya". Dengan bergabung dengan komunitas homeschooling ini, Anda dapat saling mengumpulkan sumber daya dan saling berbagi di antara anggota.

Misalnya, komunitas homeschooling dapat mendekati sekolah setempat dan meminta sumbangan untuk buku teks bekas, bahan menulis, dan barang-barang lain seperti papan tulis, meja dan kursi, dll.

Atau komunitas homeschooling dapat mengumpulkan sumber daya keuangan mereka dan bernegosiasi dengan penerbit untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Karena Anda memiliki lebih banyak daya tawar sebagai komunitas daripada individu, Anda memiliki peluang lebih besar untuk berhasil menegosiasikan kesepakatan dengan penerbit.

Jika Anda tidak memiliki komunitas homeschooling di daerah Anda, cobalah komunitas dan forum homeschooling online. Mereka menawarkan dukungan dan bimbingan dan seringkali sumber daya homeschooling gratis tersedia

Saya harap saya telah memberi Anda beberapa ide tentang cara menghemat uang saat homeschooling. Selama Anda kreatif, Anda dapat menemukan lebih banyak cara untuk mengurangi biaya homeschooling.